MATERI KELAS 3 PJOK "TIDUR DAN ISTIRAHAT"

 MATERI KELAS 3 PJOK "TIDUR DAN ISTIRAHAT"

KI

1.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang di jumpainya di rumah dan di sekolah.

KD

3.8 memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.



TIDUR DAN ISTIRAHAT


    Tidur adalah cara terbaik untuk istirahat. tidur dapat membantu kita memulihkan keadaaan tubuh yang lemas. setiap orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda. Rata-rata waktu tidur adalah 8 jam per hari untuk orang dewasa dan 9-10 jam untuk anak-anak. anak-anak dan bayi memerlukan waktu tidur lebih lama. Tidur sebaiknya di lakukan dimalam hari. Tetapi tidur juga dapat dilakukan pada siang hari. Tidur siang dilakukan secukupnya untuk menyegarkan kembali tubuh kita. Pada waktu tidur, kita benar-benar istirahat sepenuhnya.




   

 Selain otot, tidur juga dapat mengistirahatkan pikiran. Pikiaran akan kembali segar setealh kita beristirahat. Ada beberapa hal yang terjadi saat kita tidur. hal tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Denyut jantung, pernapasan, dan tekanan darah lebih lambat.
  2. Otot akan mengendur dan semua panca indera beridtirahat.
  3. otak mengurangi kegiatannya.
    Suasana yang nyaman juga perlu diperhatikan saat kita tidur. hal ini supaya kita dapat bangun dengan bugar. Tidurlah di kamar tidur. kamar tidur haruslah bersih dan rapih. bereskan barang-barangmu setiap hari. sapulah kamarmu setiap hari.

    Sebelum tidur, minumlah segelas susu hangat. Ini akan membantu kita agar tidur dengan nyenyak. Pastikan perutmu tidak kekencangan dan kelaparan sebelum tidur. Sebab akan membuatmu kurang nyaman saat tidur.

    Kurangnya waktu istirahat dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti:
  1. Kelelahan
  2. Sukar tidur
  3. Mudah terserang penyakit
  4. Pegal-pegal
  5. Mengurangi nafsu makan


    Meskipun istirahat baik untuk tubuh kita, namun lama waktu istirahat harus diperhatikan. Seseorang akan mendapat kebugaran tubuh kembali setelah mendapat istirahat dan tidur yang cukup.





https://memesaja.blogspot.com/1991/04/gambar-kartun-minum-obat.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VARIASI GERAK DASAR JALAN, LARI, LOMPAT DAN LEMPAR

PEMELIHARAAN DIRI DAN ORANG LAIN DARI PENYAKIT